Minggu, 10 Oktober 2010

PERKEMBANGAN SOFTWARE DAN HARDWARE

Kata Pengantar

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa memberikan nikmatnya kepada setiap umatnya, termasuk nikmat sehat dan kemampuan serta berkat nikmatNya lah saya bisa menyelesaikan tugas ini.
Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Mamun Sutisna selaku pengajar mata kuliah ICT APPLIATION 1 yang telah memberikan tugas ini kepada kami sehingga kami menjadikan tugas ini sebagai salah satu pengetahuan terhadap perkembangan teknologi serta saya ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan tugas ini, baik secara fisik maupun secara moral.
Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada pembaca apabila didalam tugas ini masih banyak kesalahan kata maupun penulisannya.
Saya berharap hasil yang sederhana ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi saya khususnya dan umumnya bagi semua orang yang membaca tugas ini.
Saya mengetahui bahwa hasil tugas ini belumlah sempurna, maka dari itu saya mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca sekalian untuk menjadi bekal saya di masa yang akan datang.
Terima kasih.


Bandung, 29 Agustus 2010

Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN

Seperti yang kita tahu bahwa teknologi di dunia ini sangat penting peranannya. Teknologi sangat membantu dan mempermudah berbagai macan kebutuhan manusia yang beragam, mulai dari sarana komunikasi, untuk mengolah data maupun untuk sarana hiburan.
Teknologi yang sangat terkenal di semua kalangan adalah handphone. Hampir semua kalangan memerlukannya karena merupakan sarana komunikasi yang sangat praktis, bahkan handphone merupakan benda wajib yang harus dimiliki. Begitu pula dengan komputer, makin bertambahnya jaman, makin canggih pula perangkat-perangkat yang ada/ dahulu kala komputer merupakan barang yang awam kita jumpai. Orang Indonesia di jaman dahulu lebih sering menggunakan mesin ketik.
Namun seiring berjalannya waktu, komputer menjadi alat bantu yang sangat diperlukan di lalam perkantoran maupun menyelesaikan pekerjaan. Namun sedikit pula orang yang mengerti mendalam tentang teknologi. komputer membutuhkan data atau fakta, dimana data ini pada saat diinput akan diterjemahkan menjadi bilangan biner.
Mesin komputer memproses fakta atau data menjadi suatu informasi yang berguna bagi penggunanya. Dengan Komputer diharapkan dapat meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Sebelum menjadi informasi data tersebut diproses melalui hardware yang terletak pada CPU dengan menggunakan perangkat lunak. Perangkat lunak atau software adalah program dari komputer. Perangkat lunak adalah program yang berisi instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Saat ini, tingkat pemrosesan yang dikerjakan perangkat lunak bersifat machine-like (keinginan mesin) mulai berubah dengan sifat human-like (keinginan manusia).
Hardware dan software berkembang pesat dikalangan para pelajar dan di bidang perkantoran. Banyak macam-macam aplikasi yang marak untuk mempermudah, mulai dari adobe yang mempunyai banyak versi untuk mempermudah kita dalam mengunggah data dari internet.



RUMUSAN MASALAH

Bagaimana perkembangan software dan hardware komputer hingga saat ini?





BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Software
Didalam teori informasi, mulai dari data/ fakta, kemudian setelah proses seleksi dan pengurutan menjadi sesuatu yang berguna menjadi informasi. Informasi yang di susun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu menjadi knowledge (pengetahuan). Perangkat Keras tidak akan berfungsi tanpa adanya perangkat lunak begitu pula sebaliknya perangkat lunak tidak berfungsi tanpa adanya perangkat keras. Kedua perangkat tersebut memang saling berkaitan sehingga komputer dapat berfungsi dengan baik. Perkembangan teknologi terutama dalam perangkat keras terus diimbangi oleh perangkat lunaknya sehingga penggunaan komputer lebih maksimal.
Kemampuan komputer dirasakan sangat berkaitan dengan perangkat keras dan perangkat lunaknya, maka dari itu diperlukan perangkat lunak yang benar-benar mendukung perangkat kerasnya.Bentuk paling sederhana dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar) atau 0 (salah), cara ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (16 bit), double word (32 bit).
Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler. Kode-kode mesin sendiri masih cukup menyulitkan karena tuntutan untuk dapat menghapal kode tersebut dan format (aturan) penulisannya yang cukup membingungkan, dari masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa Inggris). Saat ini pembuatan perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang sangat kompleks, dengan urutan proses yang panjang dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan orang dalam pembuatannya. Berdasarkan perkembangannya perangkat lunak sampai dengan sekarang dibagi menjadi beberapa era yaitu :
• Era Pemula (Pioneer) Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses.
• Era Stabil Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
• Era Mikro Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
• Era Modern Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 processor-nya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.
• Windows 1.0Versi
Pertama Microsoft Windows, yang disebut dengan Windows 1.0, dirilis pada tanggal 20 November 1985. Versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehingga kurang populer di pasaran. Pada awalnya Windows versi 1.0 ini hendak dinamakan dengan Interface Manager, akan tetapi Rowland Hanson, kepala bagian pemasaran di Microsoft Corporation, meyakinkan para petinggi Microsoft bahwa nama "Windows" akan lebih "memikat" konsumen. Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, tapi hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis. Selain itu, Windows 1.0 juga memiliki masalah dan kelemahan yang sama yang dimiliki oleh MS-DOS.
Lebih jauh lagi, Apple yang menuntut Microsoft membuat Microsoft membatasi kemampuannya. Sebagai contoh, jendela-jendela di dalam Windows 1.0 hanya dapat ditampilkan di layar secara "tile" saja, sehingga jendela tersebut tidak dapat saling menimpa satu sama lainnya. Selain itu, tidak ada semacam tempat yang digunakan untuk menyimpan berkas sebelum dihapus (Recycle Bin), karena memang Apple berkeyakinan bahwa mereka memiliki hak terhadap paradigma tersebut. Microsoft pun kemudian membuang limitasi tersebut dari Windows dengan menandatangani perjanjian lisensi dengan Apple.
• Windows 2.x
Windows versi 2 pun muncul kemudian pada tanggal 9 Desember 1987, dan menjadi sedikit lebih populer dibandingkan dengan pendahulunya. Sebagian besar populeritasnya didapat karena kedekatannya dengan aplikasi grafis buatan Microsoft, Microsoft Excel for Windows dan Microsoft Word for Windows. Aplikasi-aplikasi Windows dapat dijalankan dari MS-DOS, untuk kemudian memasuki Windows untuk melakukan operasinya, dan akan keluar dengan sendirinya saat aplikasi tersebut ditutup.
Microsoft Windows akhirnya memperoleh peningkatan signifikan saat Aldus PageMaker muncul dalam versi untuk Windows, yang sebelumnya hanya dapat berjalan di atas Macintosh. Beberapa ahli sejarahwan komputer mencatat ini sebagai kemunculan sebuah aplikasi yang laku secara signifikan selain buatan Microsoft sebagai awal kesuksesan Microsoft Windows.
Windows versi 2.0x menggunakan model memori modus real, yang hanya mampu mengakses memori hingga 1 megabita saja. Dalam konfigurasi seperti itu, Windows dapat menjalankan aplikasi multitasking lainnya, semacam DESQview, yang berjalan dalam modus terproteksi yang ditawarkan oleh Intel 80286.
• Windows 2.1
Selanjutnya, dua versi yang baru dirilis, yakni Windows/286 2.1 dan Windows/386 2.1. Seperti halnya versi Windows sebelumnya, Windows/286 menggunakan model memori modus real, tapi merupakan versi yang pertama yang mendukung High Memory Area (HMA). Windows/386 2.1 bahkan memiliki kernel yang berjalan dalam modus terproteksi dengan emulasi Expanded Memory Specification (EMS) standar Lotus-Intel-Microsoft (LIM), pendahulu spesifikasi Extended Memory Specification (XMS) yang kemudian pada akhirnya mengubah topologi komputasi di dalam IBM PC. Semua aplikasi Windows dan berbasis DOS saat itu memang berjalan dalam modus real, yang berjalan di atas kernel modus terproteksi dengan menggunakan modus Virtual 8086, yang merupakan fitur baru yang dimiliki oleh Intel 80386.
Versi 2.03 dan kemudian versi 3.0 mendapatkan tuntutan dari Apple karena memang versi 2.1 ini memiliki modus penampilan jendela secara cascade (bertumpuk), selain beberapa fitur sistem operasi Apple Macintosh yang "ditiru" oleh Windows, utamanya adalah masalah tampilan/look and feel. Hakim William Schwarzer akhirnya membatalkan semua 189 tuntutan tersebut, kecuali 9 tuntutan yang diajukan oleh Apple terhadap Microsoft pada tanggal 5 Januari 1989.
• Windows 3.0
Microsoft Windows akhirnya mencapai kesuksesan yang sangat signifikan saat menginjak versi 3.0 yang dirilis pada tahun 1990. Selain menawarkan peningkatan kemampuan terhadap aplikasi Windows, Windows 3.0 juga mampu mengizinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara serentak (multitasking), karena memang pada versi ini telah diperkenalkan memori virtual. Versi ini pulalah yang menjadikan IBM PC dan kompatibelnya penantang serius terhadap Apple Macintosh. Hal ini disebabkan dari peningkatan performa pemrosesan grafik pada waktu itu (dengan adanya kartu grafis Video Graphics Array (VGA)), dan juga modus terproteksi/modus 386 Enhanced yang mengizinkan aplikasi Windows untuk memakai memori lebih banyak dengan cara yang lebih mudah dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh MS-DOS.
Windows 3.0 dapat berjalan di dalam tiga modus, yakni modus real, modus standar, dan modus 386 Enhanced, dan kompatibel dengan prosesor-prosesor keluarga Intel dari Intel 8086/8088, 80286, hingga 80386. Windows 3.0 akan mencoba untuk mendeteksi modus mana yang akan digunakan, meski pengguna dapat memaksa agar Windows bekerja dalam modus tertentu saja dengan menggunakan switch-switch tertentu saat menjalankannya
* win /r: memaksa Windows untuk berjalan di dalam modus real
* win /s: memaksa Windows untuk berjalan di dalam modus standar
* win /3: memaksa Windows untuk berjalan di dalam modus 386 Enhanced.

Versi 3.0 juga merupakan versi pertama Windows yang berjalan di dalam modus terproteksi, meskipun kernel 386 enhanced mode merupakan versi kernel yang ditingkatkan dari kernel modus terproteksi di dalam Windows/386. Karena adanya fitur kompatibilitas ke belakang, aplikasi Windows 3.0 harus dikompilasi dengan menggunakan lingkungan 16-bit, sehingga sama sekali tidak menggunakan kemampuan mikroprosesor Intel 80386, yang notabene adalah prosesor 32-bit.
Windows 3.0 juga hadir dalam versi "multimedia", yang disebut dengan Windows 3.0 with Multimedia Extensions 1.0, yang dirilis beberapa bulan kemudian. Versi ini dibundel dengan keberadaan "multimedia upgrade kit", yang terdiri atas drive CD-ROM dan sebuah sound card, seperti halnya Creative Labs Sound Blaster Pro. Versi ini merupakan perintis semua fitur multimedia yang terdapat di dalam versi-versi Windows setelahnya, seperti halnya Windows 3.1 dan Windows for Workgroups, dan menjadi bagian dari spesifikasi Microsoft Multimedia PC.
Fitur-fitur yang disebutkan di atas dan dukungan pasar perangkat lunak aplikasi yang semakin berkembang menjadikan Windows 3.0 sangat sukses di pasaran. Tercatat, dalam dua tahun sebelum dirilisnya versi Windows 3.1, Windows 3.0 terjual sebanyak 10 juta salinan. Akhirnya, Windows 3.0 pun menjadi sumber utama pemasukan Microsoft, dan membuat Microsoft melakukan revisi terhadap beberapa rencana awalnya.
• Beralih sementara ke OS/2
Selama pertengahan hingga akhir 1980an, Microsoft dan IBM bekerja sama dalam mengembangkan sebuah sistem operasi penerus DOS, yang disebut sebagai IBM OS/2. OS/2 dapat menggunakan semua kemampuan yang ditawarkan oleh mikroprosesor Intel 80286 dan mampu mengakses memori hingga 16 Megabyte. OS/2 1.0 dirilis pada tahun 1987, yang memiliki fitur swapping dan multitasking, selain tentunya mengizinkan aplikasi MS-DOS untuk berjalan di atasnya.
OS/2 versi 1.0 hanyalah sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks/command line saja. OS/2 versi 1.1 yang dirilis pada tahun 1988 menawarkan antarmuka grafis, yang disebut dengan Presentation Manager (PM). Presentation Manager ini menggunakan sistem koordinat yang sama dengan koordinat Cartesius, berbeda dengan sistem operasi Windows dan beberapa sistem GUI lainnya. Penggunaan sistem koordinat tersebut menyebabkan titik x,y 0,0 pada OS/2 diletakkan pada pojok kiri bawah layar, sementara pada Windows, peletakannya pada pojok kiri atas. OS/2 versi 1.2, yang dirilis pada tahun 1989, memperkenalkan sebuah sistem berkas baru, yang disebut dengan High Performance File System (HPFS), yang ditujukan untuk menggantikan sistem berkas File Allocation Table (FAT).
Pada awal-awal tahun 1990an, hubungan antara Microsoft dan IBM pun meregang akibat munculnya sebuah konflik. Hal ini dikarenakan mereka saling bekerja sama dalam mengembangkan sistem operasi komputer pribadi masing-masing (IBM dengan OS/2 dan Microsoft dengan Windows-nya), keduanya memiliki akses terhadap kode masing-masing sistem operasi. Microsoft menghendaki pengembangan lebih lanjut dari sistem operasi Windows buatannya, sementara IBM memiliki hasrat bahwa semua pekerjaan masa depannya haruslah dibuat berdasarkan sistem operasi OS/2. Dalam sebuah percobaan untuk mengakhiri konflik ini, IBM dan Microsoft akhirnya setuju bahwa IBM akan mengembangkan IBM OS/2 versi 2.0, untuk menggantikan OS/2 versi 1.3 dan Windows 3.0, sementara Microsoft harus mengembangkan sebuah sistem operasi baru, OS/2 versi 3.0, yang akan kemudian menggantikan OS/2 versi 2.0.
Persetujuan ini pun tidak berlangsung lama, sehingga hubungan IBM dan Microsoft pun dihentikan. IBM akhirnya melanjutkan pengembangan OS/2, sementara Microsoft mengganti nama sistem operasi OS/2 versi 3.0 (yang belum dirilis) menjadi Windows NT. Keduanya masih memiliki hak untuk menggunakan teknologi OS/2 dan Windows yang sudah dibentuk sampai pemutusan persetujuan; akan tetapi, Windows NT benar-benar ditulis sebagai sebuah sistem operasi yang baru dan sebagian besar kode bebas dari kode IBM OS/2.
Setelah versi 1.3 dirilis untuk untuk membenarkan beberapa masalah dalam OS/2 versi 1.x, IBM akhirnya merilis OS/2 versi 2.0 pada tahun 1992. Versi 2.0 ini menawarkan peningkatan yang signifikan, yakni sebuah GUI berorientasi objek, yang disebut dengan Workplace Shell (WPS), yang mencakup di dalamnya sebuah dekstop dan dianggap oleh banyak orang merupakan fitur terbaik di dalam OS/2. Microsoft pun akhirnya "menjiplak" beberapa elemen dari Workplace Shell pada sistem operasi Windows 95 yang dirilis tiga tahun kemudian. Versi 2.0 juga menawarkan API yang mendukung penuh instruksi 32-bit milik Intel 80386, sehingga menawarkan fitur multitasking yang bagus dan mampu mengalamatkan memori hingga 4 gigabyte. Meskipun demikian, banyak hal di dalam internal sistem masih menggunakan kode 16-bit, yang mengharuskan device driver juga harus ditulis dengan menggunakan kode 16-bit juga, selain tentunya beberapa hal internal lainnya. Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa OS/2 kekurangan driver perangkat keras. Versi 2.0 juga mampu menjalankan aplikasi DOS dan Windows 3.0, karena memang IBM juga masih memiliki hak untuk menggunakan kode DOS dan Windows setelah "perceraian" hubungan kerja samanya.

Ini adalah beberapa software terbaru :
Linux Ubuntu akan Mendukung MultiTouch
August 18th, 2010
Pendiri Ubuntu atau pemiliki perusahaan Canonical, perusahaan di balik Linux Ubuntu yaitu Mark Shuttleworth pada hari Senin kemarin mengatakan melalui blog-nya bahwa versi Ubuntu Linux yang pertama dengan dukungan untuk multi-touch input akan keluar pada tanggal 10 Oktober 2010 nanti.

Perangkat lunak ini akan dikembangkan pada tablet Dell XT2 , tetapi dengan tanggal peluncuran, software baru ini juga akan bekerja dengan komputer dan perangkat lain, termasuk Apple’s Magic Trackpad. Tim pengemban telah menulis apa yang Shuttleworth sebut sebagai bahasa sentuhan, yang memungkinkan untuk gerakan dasar dihubungkan atau disusun menjadi “kalimat.”
Beberapa aplikasi dalam Ubuntu Meerkat Maverick 10.10 akan mendukung scrolling berbasis gesture/gerakan. manajemen Window juga akan diaktifkan dalam Unity.
Setelah rilis, API akan dirilis untuk pengembang untuk dapat menggunakan layanan pengolahan gesture dan sentuh.
Adobe PDF Reader Untuk Android 2.1 Telah siap Didownload
May 28th, 2010
Software pembaca format PDF untuk Sistem Operasi Android telah tersedia di Android Marketplace sehingga Anda bias membuka PDF yang didownload dari browser maupun attachment email. Ayo download Adobe PDF Reader ini di Android kamu.
Adobe PDF Reader versi Android ini menyertakan multi touch untuk zooming, orientasi landscape dan alat bantu yang mengubah ukuran teks pada dokumen yang lebar dan disesuaikan dengan lebar layar.

Saat dicoba di Nexus One, dokumen 12 MB dan banyak gambar pun dapat dibuka dengan lancar. Tapi saat zooming masih ada lga yng terjadi pada saat merender teks dan gambar. Aplikasi Adobe PDF Reader Android memiliki ukuran file 4.3 MB dan cukup besar dibanding QuickOffice PDF Reader yang sudah terinstall di Nexus One yang hanya berukuran 36 Kb. Selain itu Adobe PDF Reader ini memerlukan versi Android minimal 2.1.
Flash 10.1 Untuk Android 2.2 Froyo dan Perangkat Mobile Sudah Dirilis
June 23rd, 2010
Tanggal 23 Juni 2010 Kemarin, Adobe baru saja mengumumkan rilis Flash Player 10.1 untuk platform mobile. Flash Player 10.1 ini sudah tersedia di android market namun versi final ini hanya tersedia untuk Android versi 2.2 yang memiliki kode Froyo.
Beberapa perangkat yang sudah bisa mendapatkan Froyo adalah Dell Streak, Google Nexus One, HTC Evo, HTC Desire, HTC Incredible, Motorola DROID and Motorola Milestone, dan Samsung Galaxy S.
Selain Android, Flash Player 10.1 juga dirilis pada partner Adobe seperti BlackBerry, Palm WebOs, versi Windows Phone 7 nanti, LiMO, Meego dan Symbian OS.
Fitur dari Flash Player yang khusus platform mobile antara lain adalah switch otomatis berganti untuk landscape dan portrait di perangkat yang memiliki akselerometer, kemduian kemampuan mempause otomatis saat ada panggilan masuk. Selain itu ada smart zooming untuk memungkinkan Flash tampil full screen kemudian Smart Rendering memungkinkan Flash hanya diproses saat tampak dilayar untuk menghemat CPU dan batere. Ada juga fitur Sleep Mode yang memungkinkan Flash Player memasuki mode sleep saat masuk mode screen saver.
Wordpress 3.0 Sudah Dirilis Ayo Download Wordpress 3.0 “Thelonious” Terbaru ini
June 17th, 2010
Wordpress 3.0 dengan nama kode “Thelonious”, merupiakan rilis ke-13 dari Wordpress merupakan puncak hasil kerja keras selama setengah tahun dari 218 kontributor sudah tersedia didownload di http://wordpress.org/download/ atau upgrade dari dashboard Wordpress Anda.
Fitur Baru Wordpress 3.0 yang utama adalah default theme baru baernama Twenty Ten.
Theme baru ini menawarkan API baru yang memungkinkan mereka dengan mudah menerapkan latar belakang beda, header, shortlinks, menu (tidak mengedit file lagi), jenis posting, dan taksonomi.
Pengembang dan admin jaringan akan menghargai penggabungan versi MU dan Wordpress yang telah lama ditunggu , menciptakan fungsi multi-situs baru yang memungkinkan untuk menjalankan satu blog atau sepuluh juta dari instalasi yang sama.
Sebagai pengguna, Anda akan menyukai antarmuka ringan baru, bantuan kontekstual pada setiap layar, perbaikan 1.217 bug dan tambahan fitur, update massal sehingga Anda dapat meng-upgrade 15 plugin sekaligus dengan satu klik.
Adobe CS5 – Adobe Creative Suite 5 Sudah Diluncurkan
April 12th, 2010
Bagi pecinta atau praktisi dunia grafis, silakan bersiap-siap menabung untuk membeli versi baru produk Adobe yaitu Adobe CS5 yang katanya sih menyajikan 250 fitur baru.

Baru saja Adobe meluncurkan Adobe CS5 pada tanggal 12 April 2010. Berikut paket CS5 dan harg yang bisa dipilih yaitu:
• Creative Suite 5 Master Collection ($2599)
• Creative Suite 5 Design Premium ($1899)
• Creative Suite 5 Web Premium ($1799)
• Creative Suite 5 Production Premium ($1699)
• Creative Suite 5 Design Standard ($1299)
Untuk versi terlengkap yaitu Master Collection mengikutsertakan aplikasi berikut:
Photoshop CS5 Extended, Illustrator CS5, InDesign CS5, Acrobat 9 Pro, Flash Catalyst CS5, Flash Professional CS5, Flash Builder 4, Dreamweaver CS5, Fireworks CS5, Contribute CS5, Premiere Pro CS5, After Effects CS5, Soundbooth CS5, OnLocation CS5, Encore CS5, Bridge CS5, Device Central CS5, dan Dynamic Link.
Di antara 250 fitur baru CS5, beberapa yang keren yaitu: content-aware fill, automated HDR imagery, dan improved selection capabilities di Photoshop; Rotoscope automation tools di After Effects; perspective drawing tools dan improved brush control di Illustrator; dan eBook creation tools serta interactive document capabilities di InDesign.
Flash CS5 Professional menyajikan engine layout teks baru dan menyajikan output distribusi lebih luas.
Google Docs Kini Menjadi Lebih Ramah Bagi Pelajar

Anda sering menggunakan layanan Google Docs? Kalau belum, berarti Anda harus mencoba aplikasi besutan Google tersebut dimana dengan mudahnya Anda akan dapat membuat dokumen atau menampilkan presentasi secara online. Layanan tersebut memang tidak terhitung baru lagi, tapi melainkan ada-ada saja hal baru yang harus diperbincangkan mengenai kecanggihan dan teknologi apa saja yang dimilikinya kini.
Kalaupun Anda sudah sering menggunakan layanan ini dalam pekerjaan Anda sehari-hari tentu sudah cukup terbantu dengan adanya aplikasi layaknya Office namun dapat Anda gunakan secara online dan diakses melalui web browser ini. Google Docs memang sangat cocok buat Anda yang bekerja secara online di kantor juga buat dunia edukasi kita, maka produk ini sangat cocok juga bila digunakan oleh para pelajar yang ada di dunia. Mungkin Anda salah satunya.
Kali ini pihak Google menambahkan kemampuan baru yaitu fitur equation dimana pelajar akan dengan mudah menyelesaikan permasalahan matematika dengan mudah dengan bantuan Google Docs ini, sehingga tak hanya dengan kertas saja atau Microsoft Word, namun Anda dapat menggunakannya secara online menggunakan fitur baru Google Docs ini. Selain itu kini di Google Docs, Anda juga dapat menggunakan insert superscripts dan subscripts untuk mempresentasikan angka-angka khusus atau yang berhubungan dengan unsur kimia.
Anda juga dapat dengan mudah menggunakan bullet, footnote dan endnote pada Google Docs, tentu ini akan sangat menarik bila kita gunakan secara langsung tanpa harus repot kalau ternyata harus melakukan sharing data secara online menggunakan internet menggunakan Google Docs ini.
2.2 Hardware
Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa software tidak akan berfungsi jika tidak ada hardware.sama halnya dengan software, hardware pun berkembang pesat di dunia teknologi. Hardware dizaman dahulu terkenal besar-besar dan berat. Tetapi sekarang kita bisa lihat, begitu cepaatnya zaman berlalu.
Sekarang jarang terlihat computer-komputer yang besar dan menonjol di bagian belakangnya, kecuali computer di sekolah atau kantor. Monitor sekarang lebih praktis dan efisien. Dan terkenal dengan sebutan flat atau datar. Kita pun dimudahkan memindahkannya karena massanya yang tidak terlalu berat. Gambar dan warna yang di timbulkannya pun lebih tajam dan halus.
CPU di era yang serba canggih ini memiliki tampilan yang unik dan memiliki unsur seni. Dan model-model warna tang beragam. Memang belum ada CPU yang lebih kecil di Indonesia, atau mungkin belum marak di Indonesia. Perangkat di dalam CPU pun banyak mendapatnkan perkembangan. Dari prosessor, dan perangkat-perangkat lain did a;amya. Semakin canggih pula software yang bisa masuk dan kapasitas komputer tersebut lebih besar.
Bahkan untuk mouse, banyak sekali bentuk-bentuk yang unik. Seperti model mobil-mobilan, replica akuarium yang bentuknya di sesuaikan, dan berbagai macam gambar dan tokoh katun maupun artis yang tercetak dibagian atasnya. Dan sekarang, mouse lebih banyak dilengkapi dengan kabel USB sebagai alat penghubung ke komputer, ada juga mouse yang menggunakan Bluetooth. Keyboard juga ikut mengambil peranan penting disini, walaupun bentuknya belum banyak berubah, tetapi banyak modifikasi yang mengutamakan kenyamanan tangan.
Dengan begitu pesatnya dunia teknologi seperti yang saya bilang di awal pembahasan ini, computer yang memiliki perrangkat terpisah ini dapat dirangkum menjadi sebuah benda yang disebut laptop. Banyak orang lebih memilih laptop, karena lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Laptop pun mulai menjamur, banyak perusahaan-perusahaan mengeluarkan produk yang dinamakan laptop. Laptop banyak diminati khususnya yang memiliki fasilitas Wi-Fi. Sekarang mudah sekali mendapatkan jaringan Wi-Fi, mulai dari mall, kafe dan kampus pun memiliki jaringan tersebut untuk menarik pelanggannya dan memudahkan mahasiswanya mencari bahan-bahan untuk tugas.
Laptop banyak macamnya, mulai dari yang terbesar 18 inch, 14 inch, 12 inch dan 10 inch atau lebih di kenah dengan notebook. Tetapi yang memiliki fasilitas Wi-Fi debih sering disebut dengan kata netbook.

Ini adalah beberapa hardware terbaru :
Prosesor Intel Terbaru 2010
Oleh Nanang | Minggu, Januari 17, 2010

Intel telah mengumumkan jajaran prosesor dan chipset terbarunya. Hal itu dilakukan Intel dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2010, sebuah ajang tahunan yang digelar di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

Jajaran prosesor terbaru yang diumumkan mencakup keluarga Intel Core i7, Core i5 dan Core i3. Selain itu, chipset yang diumumkan termasuk Chipset Intel Seri 5, Centrino terbaru dan juga chipset untuk Wimax 802.11n dengan fitur My WiFi.
Setelah DualCore dan Core2duo, intel mengeluarkan tiga macam processor sekaligus. yaitu Intel Core I3, I5, dan I7. Untuk pertama kalinya ada keluarga prosessor yang cerdas yang memberikan performa extra ketika anda membutuhkannya, dan meningkatkan efisiensi energi ketika anda tidak membutuhkannya.

Teknologi Intel® Turbo Boost1 secara otomatis mempercepat processor ketika dibutuhkan. Jika menjalankan banyak aplikasi pada waktu yang bersamaan, turbo boost mengalihkan semua tenaga yang tidak terpakai untuk memberikan ekstra dorongan kecepatan. seperti sebuah mobil sport yang modern, dimana mobil dapat memberikan kekuatan dan daya tarik ke roda saat mereka dibutuhkan. Teknologi Intel® Turbo Boost secara otomatis mempercepat processor ketika PC membuthkan performa ekstra.

Teknologi Intel® Hyper-Threading2 memungkinkan untuk melakukan dua hal pada saat yang bersamaan, sama seperti pemanggang roti yang memiliki dua slot. Hasilnya adalah bahwa anda dapat melakukan lebih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat.

Intel® HD Graphic3 memberikan performa visual yang luar biasa untuk gambar lebih tajam, lebih kaya warna serta audio dan video yang nyata. Sekarang tersedia pada pilihan model dari keluarga Processor Intel® Core ™ yang terbaru di 2010.
Jajaran prosesor terbaru yang diumumkan Intel ini telah menggunakan proses produksi 32 nanometer dan memakai transistor high-k metal gate generasi kedua. Artinya, jajaran prosesor terbaru itu dijanjikan akan lebih hemat energi dengan kemampuan yang lebih baik.

Selain itu, jajaran prosesor terbaru Intel ini telah memiliki kemampuan grafis terbenamkan di dalamnya. Sebelumnya jajaran ini dikenal dengan nama kode Clarksdale dan Arrandale.

Berikut adalah jajaran prosesor Intel terbaru untuk notebook:
• Intel Core i7-620M: 2.66 GHz; Grafis 500-766 MHz; Harga US$332
• Intel Core i5-540M: 2.53 GHz; Grafis 500-766 MHz; Harga US$257
• Intel Core i5-520M: 2.4 GHz; Grafis 500-766 MHz; Harga US$225
• Intel Core i5-430M: 2.26 GHz; Grafis 500-766 MHz
• Intel Core i3-350M: 2.26 GHz; Grafis 500-667 MHz
• Intel Core i3-330M: 2.13 GHz; Grafis 500-667 MHz
• Intel Core i7-640LM: 2.13 GHz; Grafis 266-566 MHz; Harga US$332
• Intel Core i7-620LM: 2.0 GHz; Grafis 266-566 MHz; Harga US$300
• Intel Core i7-640UM: 1.2 GHz; Grafis 166-500 MHz; Harga US$305
• Intel Core i7-620UM: 1.06 GHz; Grafis 166-500 MHz; Harga US$278
• Intel Core i5-520UM: 1.06 GHz; Grafis 166-500 MHz; Harga US$241

Sedangkan untuk Desktop adalah:
• Intel Core i5-670: 3.46 GHz; Grafis 733 MHz, Harga US$284
• Intel Core i5-661: 3.33 GHz; Grafis 900 MHz; Harga US$196
• Intel Core i5-660: 3.33 GHz; Grafis 733 MHz; Harga US$196
• Intel Core i5-650: 3.20 GHz; Grafis 733 MHz; Harga US$176
• Intel Core i3-540: 3.06 GHz; Grafis 733 MHZ; Harga US$133
• Intel Core i3-530: 2.93 GHz; Grafis 733 MHz; Harga US$113


Ingatlah bahwa harga yang disebutkan untuk pembelian dalam jumlah ribuan unit. Anda dapat merujuk pada tabel di atas untuk rincian lebih lanjut, dan prosesor yang lebih cepat dengan harga yang lebih rendah selalu menjadikan konsumen lebih senang.
Processor yang juga dihentikan produksinya adalah:
• Core 2 Quad Q8200
• Core 2 Duo E7400
• Pentium Dual-Core E5200
• Celeron Dual-Core E1400


Dari: Berbagai Sumber
http://anangss.blogspot.com/2010/01/prosesor-intel-terbaru-2010.html
AsRock telah mengumumkan peluncuran mobo AMD 880G+SB850 yaitu ASRock 880G Extreme 3. Ini adalah Mobo terbaru yang menawarkan Northbridge AMD 880G dan Southbridge SB850.

Mobo ini juga sudah terintegrasi kartu grafis Radeon HD 4250. Selain itu mobo ini juga sudah mendukung CPU yang akan datang yaitu Phenom II X6. Mobo ini juga memiliki DuraCap (2,5x lebih tahan lama), 100% kapasitor Jepang.

ASRock juga adalah vendor pertama yang menawarkan function UCC pada mobo AMD 880G. UCC ini dapat mengunlock hiddenc core seperti pada Phenom II X3 710 dan menjadikannya quad core.

Untuk masalah overclocking, mobo ini sudah mendukung teknologi Turbo50 yang dapat meningkatkan kecepatan sistem dengan memilih option lewat BIOS. Fitur lainnya mobo ini adalah AMD Radeon HD 4250, DX10.1, mendukung ATI CrossFireX.

Ada juga 2 port USB 3.0, 1 konektor eSATA, 6 port SATA III 6Gbps, 2port IEEE1394, HD Audio 7.1 channel dan support audio Blu-ray. Mobo ini dibundling dengan Cyberlink DVD Suite dan Creative Sound Blaster X-Fi MB versi trial.



Western Digital sedang mengerjakan seri HDD Velociraptor terbaru. Menurut info, harddisk terbaru ini akan hadir dalam kapasitas 150, 300, 400 dan 600GB.

Semua drive ini memiliki putaran kecepatan 10,000RPM dan mengkonsumsi power 6,5W. Seek timenya juga impresif yaitu berkisar 3,6 dan 4,2 miliseconds. Harddisk terbaru ini dapat mencapai kecepatan baca maksimum 145MB/s.

Drive terbaru ini juga menawarkan interface SATA 6Gbps dan cache 32MB.
PowerColor telah menunjukkan kartu grafis Radeon HD 5770 yang telah dioverclocking. Kartu grafis ini dinamakan PCS++ HD 5770.

Kartu grafis ini memiliki dual slot cooler Arctic Cooling yang sama pada versi PCS tetapi menawarkan potensial overclocking yang lebih tinggi. Spesifikasinya adalah core clock GPU 875MHz, memori 1GB GDDR5 dengan kecepatan 5,000MHz.

Kartu grafis ini juga memiliki 800 stream processor, dual DVI, HDMI dan output DisplayPort. Mendukung DirectX 11, ATI CrossFireX, Eyefinity dan datang dengan bundling game Dirt 2. Sayangnya kartu grafis ini masih belum tersedia dan harganya berkisar 150 euro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar